Main Article Content

Desma Hanjani Putri

Abstract

Penelitian ini menguji pengaruh model Talking Chips dengan Guided Note Taking terhadap keterampilan komunikasi peserta didik berdasarkan hasil kuesioner dan observasi. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen. Skor rata-rata kuesioner dan observasi pada kelas eksperimen adalah 3,26 dan 3,24, sedangkan di kelas kontrol sekitar 3,05 dan 3,02. Analisis kuesioner dan hasil observasi dengan uji "Mann Whitney" menunjukkan Sig. (2-tailed) adalah 0,001 dan 0,000. Nilai signifikansi (2-tailed) <0,05 maka Ho ditolak, artinya ada pengaruh penggunaan perlakuan terhadap keterampilan komunikasi.

Article Details

How to Cite
Putri, D. H. (2019). PENGARUH MODEL TALKING CHIPS DISERTAI GUIDED NOTE TAKING TERHADAP KETERAMPILAN KOMUNIKASI. Journal of Tropical Chemistry Research and Education, 1(2), 50-54. https://doi.org/10.37079/jtcre.v1i2.33
References
Arif F, Cahya. (2016). Pengembangan media pembelajaran berbasis android pada mata pelajaran teknologi dasar otomotif untuk kelas x smk negeri 3 buduran-sidoarjo. Jurnal Pendidikan Teknik Mesin, 5(2), 40-46. Retrieved from https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-teknik-mesin/article/view/17346

Borg & Gall. (1989). Education Research, an Introduction. New York & London: Longman Inc.

Haris, Mudjiman. (2007). Manajemen Pelatihan Berbasis Belajar Mandiri. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Kasmadi, Imam Supardi & Indraspuri, Rahning Putri. (2010). Pengaruh Penggunaan Artikel Kimia dari Internet pada Model Pembelajaran Creative Problem Solving terhadap Hasil Belajar Kimia Siswa SMA. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 4(1), 574–581. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/JIPK/article/view/1315

Kean, Elizabeth, Middlecamp, & Catherine. (1985). A Survival Manual for General Chemistry (Panduan Belajar Kimia Dasar). Penerjemah: A. Hadyana Pudjaatmaka. Jakarta: Gramedia.

Kustandi, Cecep & Sutjipto, B. (2011). Media Pembelajaran Manual dan Digital. Bogor: Ghalia Indonesia.

Mulyasa, E. (2009). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan: Suatu Panduan Praktis. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Punaji, S. (2012). Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Sudjana, Nana & Rivai Ahmad. (1992). Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algensindo.Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.