Main Article Content

Imam Aditya Ramadhan

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R&D). Tujuan dari Penelitian ini yaitu mengembangkan media pembelajaran responsive website kimia yang menarik dilengkapi dengan video pembelajaran, soal berbatas waktu untuk siswa SMA/MA kelas XII semester dua. Penelitian dilakukan dengan metode 4-D (four D) yang dibatasi sampai tahap development. Produk yang dikembangkan ditinjau oleh dosen pembimbing, selanjutnya media divalidasi oleh dosen ahli materi, dosen ahli media, dan peer review, untuk dinilaikan kepada dosen ahli dan tiga orang guru kimia SMA/MA di Yogyakarta. Produk juga direspon oleh siswakelas XII MIPA. Kualitas responsive website kimia berdasarkan penilaian ahli materi meliputi aspek penyajian materi, kebenaran konsep, kebahasaan dan penilaian belajar masing-masing mendapatkan persentase keidealan 80% dengan kategori Baik (B). Kualitas responsive website kimia berdasarkan penilaian ahli media meliputi aspek kualitas tampilan dan fungsional masing-masing mendapatkan persentase keidealan sebesar 96,6% dengan kategori Sangat Baik (SB). Kualitas responsive website kimia berdasarkan penilaian guru kimia pada aspek penyajian materi memperoleh persentase keidealan 84% dengan kategori Sangat baik (SB), aspek kebenaran konsep memperoleh persentase keidealan 83,3% dengan kategori Baik (B), aspek kebahasaan memperoleh persentase keidealan 86,67% dengan kategori Sangat Baik (SB), aspek penilaian belajar memperoleh persentase 86,67% dengan kategori Sangat Baik (SB), aspek kualitas tampilan memperoleh persentase keidealan sebesar 91,1% dengan kategori Sangat Baik (SB) dan aspek fungsional memperoleh persentase keidealan sebesar 90% dengan kategori Sangat Baik (SB). Kualitas Responsive Website dapat dikatakan Sangat Baik (SB). Hasil respon siswa kelas XII jurusan MIPA terhadap responsive website yang dikembangkan dengan persentase keidealan 94,5% yang dapat disimpulkan bahwa Responsive Website Kimia layak digunakan sebagai media dan sumber belajar mandiri siswa.

Article Details

How to Cite
Ramadhan, I. A. (2019). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KIMIA DENGAN RESPONSIVE WEBSITE. Journal of Tropical Chemistry Research and Education, 1(2), 55-60. https://doi.org/10.37079/jtcre.v1i2.34
References
Afgani M. Win & Purwoko Darmawijoyo. (2008). Pengembangan Media Website Pembelajaran Materi Program Linear untuk Siswa Sekolah Menengah Atas. Jurnal Pendidikan Matematika. Volume 2 No. 2. Diakses dari eprints.unsri.ac.id pada tanggal 20 Mei 2016.

Arsyad, Azhar. (2010). Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali.

Chang, R. (2005). Kimia Dasar: Konsep-konsep Inti Jilid 2 Edisi Ketiga. Jakarta: Erlangga.

Fessenden. (1997). Kimia Organik Edisi Ketiga Jilid 1. Jakarta. Erlangga

Gunawan H.B. (2015). Pengembangan Media pembelajaran IPA Berbasis Website pada Materi Pokok Perubahan Zat untuk Siswa SMP/MTs. Yogyakarta: UIN Sunan Kalijaga.

Haryono. (2001). Belajar Mandiri: Konsep dan Penerapan dan Pelatihan Terbuka/ Jarak Jauh.Jurnal Pendidikan Vol2; 137-161. Jakarta: Universitas Terbuka.

Keenan, C. W. (1992). Ilmu Kimia untuk Universitas. Jakarta: Erlangga.

Kustandi, Cecep, dan Sutjipto, B. (2011). Media Pembelajaran Manual dan Digital. Bogor: Ghalia Indonesia.

Lestari, D.M., Hardianto, D., & Hidaryanto, A.N. (2014). Analys of User Experience Quality on Responsive Web Design from its Informative Perspective. Internasional Journal of Software Engineringand its Aplications Vol 8 no 5. Diakses dari http//dx.doi.org/10.14257/ijseis.2014.

Meyer, E. Richard. (2009). Multimedia Learning Prinsip-Prinsip dan Aplikasi Terjemahan Yeguh Wakyu Utomo. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Rusman, dkk. (2011). Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Bandung: Rajawali Press.

Suyono & Hariyanto. (2012). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.